SPECIAL

Selasa, 25 Februari 2014

Upn Veteran Segera Menjadi PTN


TEMPO.CO, Surabaya - Menteri Pertahanan Republik Indonesia Poernomo Yusgiantoro menyatakan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran saat ini dalam proses menjadi perguruan tinggi negeri. Kini Kementerian Pertahanan menunggu keputusan final dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Proses telah kami lakukan," kata Poernomo di gedung Technopark UPN Jawa Timur di Surabaya, Rabu, 10 April 2013. Menurut Poernomo, UPN Veteran didirikan oleh para senior di Kementerian Pertahanan. Tujuannya adalah membantu mempercepat peningkatan kualitas sumber daya manusia. "Kebutuhannya waktu itu untuk menjadi perguruan tinggi negeri."

Saran dari Kemendikbud, kata Poernomo, UPN Veteran di Surabaya, Jakarta, dan Jogyakarta nantinya menjadi PTN di bawah Kementerian Pertahanan. "Contohnya sudah ada, yakni Universitas Pertahanan," katanya.

Pembina universitas tersebut ada dua. Pembina administrasi fungsionalnya adalah Kemenhan, sedangkan pembina akademisnya adalah Kemendikbud. "Saya sudah menulis surat kepada Kemendikbud. Bola di Kemendikbud, " kata Poernomo lagi.

Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Teguh Soedarto, menyatakan semua prosedur untuk menjadikan UPN perguruan tinggi negeri sudah dilakukan, termasuk visitasi Kemendikbud. "Kami  tinggal menunggu kesepakatan Kemenhan dengan Kemendikbud," katanya.

0 comments:

Posting Komentar