SPECIAL

Selasa, 29 Oktober 2019

SEMARAK TEMU ALUMNI DAN PEMILU RAYA KETUA IKATAN ALUMNI DALAM KONGRES IV IKA UPNVJ

Ikatan Alumni UPN Veteran Jakarta menjelang tahun 2020 mulai disibukkan dengan persiapan Kongres 4 IKA UPNVJ dengan rapat-rapat organisasi lembaga, rapat-rapat koordinasi kepanitiaan koordinasi, rapat-rapat OC dan SC yang secara maraton dilaksanakan untuk mematangkan perencanaan pelaksanaan Kongres sebagai amanah alumni UPN Veteran Jakarta yang tergabung dalam Ikatan Alumni UPN Veteran Jakarta.

Seperti kita ketahui bersama bahwa lebih dari 8 tahun lalu tepatnya tanggal 15 Mei 2011 telah terselenggara Kongres Ikatan Alumni Pertama yang diikuti oleh sekitar 18 simpul ikatan alumni baik fakultas maupun jurusan dengan masing-masing simpul jurusanbmengirimkan 6 utusan, terlaksana di Pusdiklat Serpong, yang sebelumnya didahului oleh Pra Kongres Mega Mendung dan akhirnya menghasilkan pondasi organisasi yang disepakati bersama dalam suasana musyawarah dan kekeluargaan yang sangat dinamis dalam membangun pendapat untuk dirumuskan menjadi Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan Garis Besar haluan Program serta terpilihnya Ketua Umum Alumni IKA UPNVJ dan seiring berjalan terbentuk pula Majelis Ikatan Alumni IKA UPNVJ.

Ngopi 2 digeser waktunya ke 22 February 2020
Sedikit mengulas tentang Ikatan Alumni dan Majelis Alumni IKA UPNVJ adalah formula khas organisasi Ikatan Alumni yang dalam menjalankan aktifitasnya membutuhkan kesinambungan relasi yang dinamis antara eksekuif dan perwakilan simpul alumni dari  ikatan alumni fakultas maupun ikatan alumni jurusan agar selalu dapat meningkatkan semangat beraktifitas dan kreatifitas alumni disertai ide-ide dinamis yang berorientasi pada sumbang sih kebersamaan antar alumni dan antar alumni dengan almamater, dan terlebih lagi untuk pengabdian kepada bangsa dan negara sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi  dalam hal ini Almamater tercinta.

Program Regular dan Advance Ikatan Alumni

Identifikasi pada beberapa hal-hal penting terkait efektifitas program Ikatan Alumni agar terjaga dinamisasinya dan keberlangsunganya, maka dibutuhkan peran serta alumni dalam wadah ikatan alumni yang dimulai dari sisi sense of belonging terhadap wadah ikatan alumni untuk ditumbuh kembangkan. Oleh karenanya dari berbagai analisa yang dikembangkan dalam diskusi dan rapat-rapat Ikatan Alumni untuk bagaimana memahami hal-hal yang secara regular mampu menarik minat alumni untuk turut berperan serta dalam kegiatan Ikatan Alumni.

Rapat Organising Committee (OC) Kongres 4 Ikatan Alumni UPNVJ
Aktifitas Ikatan Alumni secara regular tidak akan jauh dari keinginan dan semangat para alumni untuk reconnecting sesama alumni dalam berbagai tingkatan kepentingan dari yang sekedar untuk bertemu menyambung memory persahabatan, kemudian intensif oleh karena ada kesamaan hobby dan atau pemikiran hingga profesional relation. 

Pertemuan sebagai basis reconnecting antar alumni tentu mendasari pada perkembangan kualitas aktifitas Ikatan Alumni sehingga Ikatan Alumni harus mampu memformulakan secara regular wadah-wadah pertemuan yang kreatif, enjoyable dan mencerahkan hingga tercipta dinamisasi aktifitas yang akhirnya tidak hanya sekedar saja, karena akan terus diberi muatan yang tepat, memberikan solusi berbagai topik sebagai sesama alumni hingga membangun relasi profesional yang sangat mungkin tercipta baik di dalam wadah alumni maupun di luar wadah alumni, sehingga sampai di sini Ikatan Alumni mampu menjadi jembatan/bridger alumni pada keinginan atau cita-cita bersama alumni.

Pada perkembangan berikutnya maka tentu harus ada perluasan keterwakilan dalam arti Ikatan Alumni harus mampu memperluas keterwakilan sampai pada simpul2 alumni yang bisa diwadahi dalam keterwakilan yang selain dari simpul Ikatan Alumni Fakultas dan Jurusan juga dapat berkembang ke akomodir Ikatan Alumni berdasarkan Angkatan dan juga Ikatan Alumni berdasarkan Daerah / Wilayah baik di dalam maupun luar negeri.

Dalam formula kesimpulan sederhana, jika ingin sukses menjalankan organisasi Ikatan Alumni maka buatlah sebanyak mungkin pertemuan alumni, ngopi bareng alumni, alumni gathering, keakraban alumni dll yang diikuti oleh pengembangan jaringan dalam wadah-wadah simpul ikatan alumni dengan berbagai pola pendekatan aktivitas yang nyaman dan penuh kekeluargaan untuk dikembangkan ke berbagai kenyamanan yang bisa mempersatukan keinginan bersama simpul-simpul alumni dalam Ikatan Alumni.

Manajemen dan Kepemimpinan Organisasi Ikatan Alumni

Ada berbagai pilihan membuat model organisasi alumni, yang paling populer tentu berbentuk eksekutif dan presidium, dan pada Ikatan Alumni UPN Veteran Jakarta sesuai AD/ART kita menggunakan sistem Eksekutif yang didampingi oleh lembaga perwakilan Ikatan Alumni yang kita sebut sebagai Majelis Alumni dengan fungsi-fungsi sebagai eksekutif juga di bawah Ikatan Alumni UPNVJ dan menjadi senator karena memiliki hak pilih terhadap Ketua Umum Ikatan Alumni UPNVJ, yang juga menjalankan fungsi kontrol dan bahkan Majelis Alumni dapat menyelenggarakan Kongres Luar Biasa jika Ketua dan Pengurus Ikatan Alumni UPNVJ tidak menjalankan amanah program dan melakukan pelanggaran terhadap etika dan moral, Semua itu dimaksudkan untuk menjamin keberlangsungan organisasi Ikatan Alumni UPNVJ. 

Rapat Steering Committee (SC) Kongres 4 Ikatan Alumni UPNVJ
Dalam tiga kali periode 3 tahunan yang dijalani oleh IKA UPNVJ dan Majelis Alumni UPNVJ, tentu telah mengantarkan berbagai pengalaman suka duka mengelola dan beraktifitas dalam Ikatan Alumni, yang pada akhirnya harus ada yang bisa disarikan untuk menggarisbawahi keberhasilan yang harus diapresiasi maupun ketidakberhasilan yang harus digali masalahnya dan dicarikan solusi pemecahan masalahnya.

Sebagai lembaga non profit, jika lembaga Ikatan Alumni tidak berhasil mencapai goal organisasi tentu harus ada pendekatan spesifik untuk mencari akar masalah penyelesaian termasuk juga prnyrlrsaian secara organisasi, yang itu dapat berbentuk normatif maupun mandatory organisasi yang harus diwujudkan dan ditempuh.

Rapat Kordinasi Kepanitiaan Kongres 4 Ikatan Alumni UPNVJ
Maka yang menjadi hal-hal yang common dalam mewujudkan manajemen organisasi Ikatan Alumni yang dapat terukur keberhasilannya, tentulah harus ada jaminan pola regenerasi yang baik, termasuk pola suksesi kepemimpinan organisasi yang harus mampu menghasilkan pemimpin organisasi yang sesuai yang diharapkan untuk menghantarkan keberhasilan goal organisasi. Oleh karena itu perlu dibentuk sistem suksesi kepemimpinan organisasi yang baku dan melibatkan keterwakilan yang representatif sebagai seleksi alami terhadap calon pemimpin organisasi Ikatan Alumni.

Wacana Pemilu Raya untuk Pemilihan Ketua Ikatan Alumni UPNVJ

Mengapa langsung pada topik Pemilu Raya sebagai salah satu solusi menghadirkan Kepemimpinan Ikatan Alumni yang akan mengelola organisasi Ikatan Alumni ? ada beberapa faktor yang menjadi latar belakangnya, yaitu sebagai berikut :
  1. Lembaga Ikatan Alumni membawahi basis masa alumni yang terus berkembang yang akan lebih baik jika merepresentasikan suara alumni secara langsung dan demokratis untuk menemukan pemimpin yang benar-benar mampu mengemban amanah kepemimpinan organisasi Ikatan Alumni.
  2. Melibatkan sebanyak mungkin alumni dalam menyuarakan pendapatnya sama dengan secara langsung melibatkan alumni untuk menumbuhkan rasa memiliki terhadap Ikatan Alumni
  3. Pemilu Raya untuk memilih Ketua Ikatan Alumni adalah salah program puncak temu alumni yang dilaksanakan oleh Ikatan Alumni periode berjalan, di mana program-program reguler Ikatan Alumni dan Majelis Alumni diharapkan terlaksana dalam event-event dengan skala yang lebih kecil sesuai ruang lingkupnya dan butuh acara besar untuk mempertemukan alumni dalam jumlah besar.
  4. Pemilu Raya dapat digagas dengan melibatkan suara dari Electoral College / suara senator yang berada di tangan para Ketua Alumni Fakultas maupun Jurusan yang memegang suara proporsional dari jumlah pemilih dari seluruh alumni, dibagi dengan jumlah Ikatan Alumni Fakultas dan Jurusan, dengan porsi suara 50 % berbanding 50% antara jumlah pemilih dari alumni dan para Ketua Ikatan Alumni Fakultas /Jurusan.
Wacana tersebut di atas sedang dikembangkan oleh Team Materi Kongres 4 IKA UPNVJ yang dalam hal ini adalah Steering Committee kepanitiaan Kongres, dimana faktor regular nya adalah upaya melibatkan sebanyak mungkin alumni untuk peduli memberikan suaranya dalam PESTA DEMOKRASI ala Ikatan Alumni UPN veteran Jakarta dengan motif khusus menjaring dan melibatkan sebanyak mungkin alumni untuk ikut serta dalam aktivitas Ikatan Alumni untuk menumbuhkan awareness dan sense of belonging alumni pada Ikatan Alumni dan Almamaternya.

bhd.    

0 comments:

Posting Komentar