SPECIAL

Minggu, 15 Oktober 2017

Dulu PDMB Kampus Hijau UPNVJ, Sekarang PKKMB, Alumni Masih Ingatkah PDMB ?

IKAUPNVJ.ORG - PDMB kalo tidak salah namanya Pekan Disiplin Mahasiswa Baru atau Pengenalan Disiplin Mahasiswa Baru UPN Veteran Jakarta, sekira dimulakan diterapkan di tahun 1993 atau 1994, yaitu pengenalan disiplin mahasiswa baru dengan melibatkan Korps Marinir Cilandak dimana Maba dididik baris berbaris dan materi kesisiplinan lainya oleh para Marinir selama seminggu di Bumi Marinir Cilandak Jakarta Selatan. 


Di samping PDMB, ada juga acara Pengenalan Kampus yang 100% dilaksanakan dan dilibatkan Organisasi Kemahasiswaan untuk mengenalkan adik-adiknya kepada lingkungan Universitas, Fakultas dan Jurusan masing-masing. Kegiatan dilaksanakan sepenuhnya secara terintegarsi oleh Senat Mahasiswa Universitas, dulu namanya SMPT (Senat mahasiswa Perguruan Tinggi) dengan BPM (Badan Perwakilan Mahasiswa) yang kemudian berubah menjadi BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dengan MPM (Majelis Permusyawaran Mahasiswa) melalui MBM (Musyawarah Besar Mahasiswa) Pertama di Cimacan - Bogor, Jawa Barat.

Dinamisasi kemahasiswaan terasa begitu kental saat itu, namun juga masih menyisakan peluang berbagai hal yang tidak diinginkan ketika Mahasiswa baru dikembalikan ke Fakultas dan Jurusan yang membesutnya ke dalam primordial fakultas atau jurusan masing-masing yang terkadang mudak terpancing untuk bersitegang secara fisik antar fakultas atau jurusan. Namun hal-hal baik juga menjadi warna tersendiri, entah kebetulan atau bagaimana sehingga sumbser daya mahasiswa yang terkoordinir dalam organisasi kemahasiswaan menjadi militan, menyambung ke aksi gerakan 98 yang venomenal dan mahasiswa UPN Veteran Jakarta menjadi penggerak aksi reformasi yang sangat diperhitungkan.


Namun tak pelak yang namanya organisasi mahasiswa itu memiliki karakteristik pasang surut yang bisa dengan sangat drastisnya berubah, entah juga ada campur tangan pihak-pihak kampus yang mengkuatirkan gerakan mahasiswa menjadi tidak terkendali paska 98, wal hasil eksistensi dan aktifitas lembaga kemahasiswaan menurun dengan tajamnya dimana daya tarik organisasi kemahasiswaan hanya sebataas sebagai pengisi waktu luang mahasiswa atau hanya ajang untuk nongkrong-nongkrong tanpa misi visi yang jelas dan terarah. Sehingga pada tahun 2016/2017, BEM tidak memiliki presiden mahasiswa, dan entah bagaimana kehidupan lembaga BEM, apakah fakum atau kah ada presidium yang menggantikan aktifitas BEM.

Kembali kepada PDMB, sekarang ini namanya adalah PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru), yang menurut informasi semus tersentral ke pihak universitas dimana lembaga Ormawa hanya menjadi pelengkap diminta bantuan untuk membantu mengenalkan adik-adik Mabanya. Tentu berbeda dengan jaman PDMB dahulu kala, dimana Organisasi Mahasiswa membuat visi dan misi yang jelas ke arah mana MABA kana dikenalkan kepada disiplin mahasiswa dan kehidupan kampus yang penuh dengan idealitas (versi aktivis saat itu), kemudian pihak universitas menyetujui, bahkan pernah dijalankan pihak universitas hanya sebatas koordinasi, namun diminta pendanaanya juga .... Keren bukan ?... hehehe .....

Apapun adalah baik saja berkait dengan PKKMB, namun seyogyanya ke depan Ormawa diberikan kapasitas yang penting dalam mengarahkan adik-adik MABA untuk pembelajaran mengasah misi visi yang interdependent dimana menekankan pentingnya kerja sama dalam membangun satu tujuan yang rasional terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tiunggi tentunya.

Foto-foto PDMB : 
Ada yang mau menambahkan ?.. 
e-Mail ke: ikaupnvj@gmail.com



















0 comments:

Posting Komentar